Tuesday, September 30, 2008

Success Story > Port EDI

Manajemen PT.(Persero) Pelabuhan Indonesia II mempunyai tujuan jangka panjang agar pelabuhan yang dikelolanya dapat memberikan pelayanan kelas dunia (World Class Port Operator).

Program jangka pendek PT.(Persero) Pelabuhan Indonesia II salah satunya adalah melaksanakan kegiatan untuk meningkatkan kinerja pelayanan jasa kepelabuhanan, yaitu jasa pelayanan kapal dan pelayanan barang. Upaya meningkatkan kualitas pelayanan tersebut ditempuh dengan program mengimplementasikan EDI dalam komunitas Pelabuhan secara bertahap.

Hampir semua pelabuhan besar didunia telah mengimplementasikan EDI, termasuk pelabuhan-pelabuhan negara tetangga dikawasan ASEAN. Mereka telah lama bersiap-siap menyongsong globalisasi perdagangan dengan akan diberlakukannya kawasan pasar bebas AFTA tahun 2003 dan APEC, dimana implementasi EDI/E-commerce merupakan keharusan.

Teknologi untuk komunikasi data maupun dokumen perdagangan sudah sedemikian maju dan memberikan peluang bagi pelaku bisnis meningkatkan kinerja serta daya saing usahanya memasuki dunia bisnis global, akan tetapi tentunya dituntut menggunakan sistem dokumentasi berstandar internasional.

Proyek Pengembangan EDI Kepelabuhanan
PT.(Persero) Pelabuhan Indonesia II bekerja sama dengan PT. EDI Indonesia telah menyelesaikan pengembangan sistem EDI terutama dilingkungan Unit Terminal Peti Kemas dan telah dioperasionalkan selama periode 1998 hingga 2000 untuk mendukung kelancaran aktivitas :
- bongkar-muat,
- import-delivery
- export-receiving
di Unit Terminal Peti Kemas (JICT) Tanjung Priok dan TPK Koja.

Sebagai kelanjutan dari implementasi sistem EDI di kedua terminal inconventional tersebut, pada tahun 2001 akhir PT.(Persero) Pelabuhan Indonesia II bekerja sama dengan PT. EDI Indonesia menetapkan rancangan pengembangan sistem EDI terutama dilingkungan pelabuhan konvensional Tanjung Priok.

Implementasi EDI di pelabuhan konvensional Tanjung Priok meliputi pelayanan Jasa Kapal dan Barang. Sistem EDI untuk palayanan Jasa Kapal merupakan tahap pertama yang didasarkan atas Nota Kesepahaman (MOU) antara General Manager Pelabuhan Tanjung Priok dengan Ketua INSA Jaya yang ditandatangani pada 22 November 2000. Dalam pelayanan jasa kapal direncanakan akan mempertukarkan 20 (dua puluh) dokumen, dimana pengembangannya akan dilakukan dalam 2 (dua) skala prioritas.
- Prioritas pertama akan mencakup pengembangan 12 (dua belas) jenis dokumen EDI
- Prioritas kedua akan mencakup pengembangan 8 (delapan) dokumen EDI.

Pengembangan sistem dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan dan konvergensi teknologi EDI :
- VAN (Value Added Network) based EDI
- IP (Internet Protocol) /WEB atau close user Internet based EDI .

Mandatory Port EDI
Pada tahap pertama release I, 4 (empat) dokumen pelayanan kapal dipelabuhan Tanjung Priok terhitung 20 Agustus 2002 hanya dapat dilayani sepenuhnya melalui sistem EDI, yaitu dokumen Rencana Kedatangan Sarana Pengangkutan (CUSREP), Rencana Tambat Kapal & Operation Planning (MOVINS), Nota Tagihan Jasa Kapal (INVOIC) dan Kredit Nota 4A (CREADV).

Pengguna jasa pelabuhan selama 1 (satu) tahun pertama akan dibebaskan dari kewajiban membayar biaya pengiriman ke empat dokumen tersebut.

Bagi pengguna jasa (khususnya perusahaan pelayaran) yang belum memiliki sendiri fasilitas sistem EDI, dapat memanfaatkan pusat pelayanan yang disebut EDI Service Center (ESC) di alamat :

Gedung ITI Lantai Dasar
Jl. Panaitan No. 7 Pelabuhan Tanjung Priok
Tilp. 43906440
Fax. 43906439
e-mail : edicenter@indosat.net.id
Pihak-pihak yang terlibat
Modul-modul pendukung akan dibangun untuk kebutuhan banyak pihak didalam komuniti pelabuhan diantaranya:
- Perusahaan Pelayaran,
- Administrator Pelabuhan,
- Syahbandar
- Bank.

Aplikasi informasi pelayanan kapal berbasis Web akan dikembangkan untuk memudahkan penyebaran dan akses terhadap informasi.

Program interface akan disediakan untuk kebutuhan:
- Kantor Pelayanan Bea & Cukai,
- Terminal Petikemas,
- Terminal Operator/Perusahaan Bongkar Muat,
- Imigrasi
- Karantina (Tumbuhan, Hewan, Kesehatan) .
Integrasi dengan aplikasi in-house telah dilakukan untuk Cabang Pelabuhan Tanjung Priok

Alur dokumen


Legenda :

sumber dokumen melalui EDI VAN
penerimaan dokumen melalui EDI VAN
penerimaan dokumen melalui WEB-TCP/IP

Keterangan :
1. Rencana kedatangan sarana pengangkut (RKSP/JKSP/BC 1.0)
2. Manifest bongkar
3. Bay Plan/stowage plan bongkar
4. Rencana kapal tambat + operation planning
5. Permintaan pelayanan kapal dan barang (PPKB)
6. Penetapan PPKB
7. Nota tagihan jasa kapal (4A)
8. Kredit Nota 4A
9. Nota PUP
10. Nota uang rambu
11. Kredit nota PUP
12. Kredit nota uang rambu

0 comments:


Blogspot Template by Isnaini Dot Com Powered by Blogger and Local Jobs